Kamis, 07 Februari 2013

0 Bilangan Prima Terbesar Sudah Ditemukan

Bilangan prima terbesar baru saja ditemukan dan bilangan itu mempunyai panjang 17,425,170 digit. Bilangan prima baru ini menggantikan bilangan prima yang terakhir ditemukan pada tahun 2008, yang mempunyai 12,978,189 digit.

Angkanya -- 2 pangkat 57,885,161 dikurangi 1 -- ditemukan oleh matematikawan University of Central Missouri, Curtis Cooper sebagai bagian dari jaringan besar komputer sukarela yang digunakan untuk mencari bilangan prima, mirip proyek seperti SETI@Home, yang mendownload dan menganalisis daata teleskop radio dalam Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI). Jaringannya yang disebut GIMPS memanfaatkan 360,000 prosesor yang beroperasi pada 150 triliun kalkulasi per detik. Ini adalah bilangan prima ketiga yang ditemukan oleh Cooper.

"Ini dapat disamakan dengan mendaki Gunung Everest," kata George Woltman, Orlando, ilmuwan komputer yang menciptakan GIMPS. "Orang-orang menikmatinya untuk tantangan atas penemuan sesuatu yang tidak pernah diketahui sebelumnya."

Nomor ini adalah contoh ke 48 dari kelas jarang dari bilangan prima yang disebut dengan bilangan prima Mersenne. Bilangan prima Mersenne berbentuk 2 pangkat bilangan prima dikurangi 1. Karena cara ini diungkapkan pertama oleh biarawan Perancis, Marin Mersenne 350 tahun yang lalu, hanya 48 angka yang sungkar yang sudah ditemukan, termasuk penemuan yang paling baru.

Setelah bilangan prima ditemukan, bilangan ini dicek dua kali oleh beberapa periset lainnya menggunakan komputer lain.

Meskipun cara intuitif untuk menemukan bilangan prima adalah dengan membagi setiap kandidat potensial dengan 1 nomor yang lebih kecil dari dirinya sendiri, itu akan sangat memakan waktu, ujar Woltman kepada LiveScience.

"Kalau kamu melakukannya dengan cara itu, itu akan memakan waktu lebih lama dari umur alam semesta", dia menambahkan.

Tetapi matematikawan sudah merancang strategi yang lebih pintar, yang bisa secara dramatis mengurangi waktu untuk mencari bilangan primanya. Metode itu menggunakan formula untuk mengecek nomor yang jauh lebih sedikit.

Penemuan baru ini membuat Cooper pantas mendapat $3,000 penghargaan penemuan GIMPS.


source klik here !

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 

Ak! Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates